Riau

Penobatan LAM Riau-Kampar Dilantik Sebanyak 215 Orang 

KAMPAR (MR) - Penobatan dan pelantikan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kampar masa khidmat 2022-2027, Aula Stanum, Minggu 27 Maret 2022.
 
Ketua Panitia Penobatan LAM Riau-Kampar Fakhrul Kamal mengatakan, pengurus LAMR Kabupaten Kampar yang dilantik sebanyak 215 orang.
 
"Tagline yang diusung pada penobatan ini adalah duduok manimo tuah, togak menjago marwah berjalan menjaga amanah," kata Fakhrul.
 
Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar menyampaikan harapan besar dengan pengurus LAMR Kampar. Karena mereka adalah pejuang adat yang berhasil memperjuangkan tanah ulayat sinamanenek
 
" Sekarang omset masyarakat sinamanenek dari tanah ulayat yang berhasil diperjuangkan dengan adanya dukungan Presiden RI Jokowi, sudah mendapatkan hasil. Sehingga ekonomi masyarakat alhamdulillah terbantu dari hasil perkebunan, " tuturnya.
 
Denga hal seperti ini tentunya kita bangga bahwa dengan kehadiran LAMR  Kampar, dapat membantu masyarakat. 
 
" Karena tujuan LAM Riau adalah untuk mengayomi anak kemanakannya," sebutnya.
 
"Saya yakin LAMR Kampar siap perjuangkan persoalan tanah ulayat dengan kebersamaan yang dibangun dengan bupati dan elemen lainnya termasuk dengan datuk-datuk yang tergabung di pengurus LAK," kata DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar
 
Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri KH Alwi Arifin mengatakan, keberadaan LAM Riau-Kampar hendaknya bisa menancapkan pelaksanaan adat istiadat, agama yang bertolak pada undang-undang dan peraturan.Sebagai Serambi Mekkah Riau, adat istiadat di Kampar bisa diwujudkan apabila orang adatnya berada pada posisi adat yang selalu mendidik anak kemenakan dengan tata krama dan memberikan contoh berdasarkan agama.
 
"Saya berharap kepada semua pihak jangan sekali-kali membenturkan dua lembaga adat di Kampar LAMR Kampar dan Lembaga Adat Kampar (LAK)," sebutnya.
 
" LAM Riau hadir di Kabupaten Kampar bukan sesuatu yang luar biasa karena sebelumnya sudah ada di Kampar. Sudah lama dan sekarang diperbarui kembali. Pembaruan ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW adalah bersifat muamalah," sebutnya.
 
Alwi menegaskan bahwa pengurus LAMR Kabupaten Kampar sangat menghargai LAK karena di LAK ada para datuk atau ninik mamak dan ia berharap tunjuk ajar dari para datuk dan siap untuk melakukan silaturahmi setelah penobatan ini atau sebelum masuknya bulan suci Ramadan.
 
Pengurus LAMR Kampar yang terdiri dari anak kemenakan dari berbagai elemen tidak akan pernah durhaka kepada orang tua atau datuk-datuk di LAK. LAMR Kampar diisi hampir 80 persen anak muda. (**)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan